Blogger Camp Surabaya dan Keriaan Hari Blogger Nasional

2 Nov 2015

Kehadiran even Blogger Camp menjawab kerinduan kopdar blogger di Indonesia. Setelah 2 tahun tidak ada even besar, Blogger Camp bak guyuran air di tengah gurun. Wajar jika kemudian pendaftaran web di buka, para blogger di beberapa kota antusias mendaftarkan diri. Hanya beberapa jam saja, pendaftaran di web kemudian di tutup karena telah memenuhi kuota.

Blogger Camp 2015 kemarin diselenggarakan pada tanggal 26 – 27 Oktober 2015 serentak di 4 kota; Jakarta, Surabaya, Purwokerto, dan Makassar. Acara ini diselenggarakan oleh Juara Agency di Jakarta. Terima kasih, Kaka, konsep acaranya kereen :)

BloggerCampID SRBY

Blogger Camp Surabaya diadakan di The Pines, Taman Dayu, Pandaan. Sesuai rundown, peserta berkumpul dulu di Hotel Yello, Jemursari, Surabaya. Hotel Yello ini masih baru, grand opening nya saja belum. Kerennya, Peserta Blogger Camp sudah lebih dulu dipersilakan menikmati dan melihat fasilitas apa saja di Hotel Yello.


BloggerCampID SRBY

Secara singkat Hotel Yello merupakan Hotel bintang 4 di Surabaya yang memiliki 1 type kamar. Namanya Yello Room. Total kamar di Hotel Yello Room 150 kamar. Yang unik di Hotel Yello adalah memadukan konsep teknologi, dan kenyamanan. Begitu masuk ke dalam Hotel, pengunjung langsung dihadapkan dengan fasilitas game center.

BloggerCampID SRBY

 

Setelah ramah tamah sejenak di ruang meeting sekaligus menikmati coffe break, peserta Blogger Camp berfoto bersama di lobi.

BloggerCampID SRBY

 

Perjalanan menuju The Pines

Perjalanan menuju The Pines dilalui menggunakan Bus Blue Bird. Blue Bird yang selama ini kita kenal sebagai merek Taksi, sudah melebarkan sayap dengan armada Busnya. Sudah lama, sih tau Bus Blue Bird, tapi naiknya baru sekarang he he Bus Blue Bird sangat nyaman. Di dalamnya terdapat layar Televisi dan fasiitas Karaoke. Kenyamanan itu tak disia-siakan oleh para Blogger. Mereka kemudian mengadakan lomba karaoke dengan hadiah voucher Blue Bird. Pokok’e nJogeeet..

BloggerCampID SRBY

 Seperti yang kita tau, sopir dan kenek Blue Bird baik, sabar, dan tidak ugal-ugalan. Terima kasih Pak Blue Bird..

The Pines, Aku dataangg..

Pukul 20.00, Blogger tiba di The Pines Taman Dayu. Baru turun dari Bus, langsung di sambut seuasana gelap. Iyalah wong hutan. Bukan, karena hutan.. malam itu listrik di The Pines lagi mati. Jadilah kita gelap-gelapan he he..

BloggerCampID SRBY

 Kesigapan petugas akhirnya membuat suasana kembali terang. Meskipun para blogger sudah diberi kelompok-kelompok tenda, tapi mereka tidak juga beranjak dari Pendopo Bale Segawe. Rupanya para Blogger ini masih kangen ngobrol di dunia nyata. Buktinya mereka baru masuk tenda jam 1 pagi. Ngapain aja sampai jam 1 pagi? Mau tau??

1. Sharing Session dengan Mbak Yuni

Sesi sharing session berjalan antusias. Mbak Yuni membagikan pengalaman tentang job review blog. Mbak Yuni mengatakan, Job Review ada beberapa macam, ada job review produk, job review backlink, dan job menulis artikel. Ketiga macam job ini tentu berbeda-beda feenya. Dan blogger cukup interaktif melontarkan pertanyaan-pertanyaan seputar job review kepada Mbak Yuni. Yang saya masih ingat, “Kalau mau ngeblog profesional, blog nya pakai yang domain. Mau domain murah, beli saja di Qwords.com. Qwords.com sering mengadakan promo flash sale domain yang sangat murah”

BloggerCampID SRBY

2. Sharing Session bersama Blue Bird

Sharing session dibawakan oleh Pak Dwi dari Blue Bird. Pembuka sharing, Pak Dwi menceritakan sejarah Blue Bird kepada blogger. Blue Bird selama ini menjunjung bisnis yang ‘aman’ sehingga merek Blue Bird tetap memiliki ciri khas sendiri.

Sharing session usai pukul 23.00. Selanjutnya acara bebas. Tapi ya namanya blogger, mereka gak buru-buru masuk tenda, tetapi berkumpul di depan api unggun sambil makan jagung. Sambil main-main ‘Sedang Apa’, mereka menunggu jam 00, tepat tanggal 27 Oktober sebagai Hari Blogger Nasional.

BloggerCampID SRBY

Selamat Hari Blogger Nasional


BloggerCampID SRBY

Pagi-pagi saya sudah duduk manis di Pendopo. Gimana gak duduk manis, saya tidurnya di Pendopo, kok haha. Bukan gak dapat tenda, tapi lebih seru aja tidur di Pendopo. Lesehan bersama teman-teman. Sambil ngopi dan cangkruk’an.

Acara pagi dimulai dengan senam Geje yang di padu oleh Mas Wijaya. Para Blogger antusias mengikuti senam pagi sambil gokil-gokilan. Sebelum dimulai sharing session jam 8, mereka menikmati sarapan pagi dulu.

Tepat jam 8, panitia mengumumkan lomba live blog dengan tema Membangun Kredibilitas Blog. Sambil mendengarkan sharing dari nara sumber Kang Yayat Sudrajat, Mbak Swastika Nohara, dan Frenavit, para blogger khusuk di depan laptopnya masing-masing sambil ngedraf.

BloggerCampID SRBY

Mbak Swastika jadi pembicara pertama yang membahas tentang travelling blog. Sebagai copy writer, Mbak Tika sering menuliskan pengalaman-pengalamannya selama menjadi copy writer sekaligus menceritakan dibalik pembuatan film. Cara penyampaian Mbak Tika sangat menarik sampai teman-teman banyak bertanya kepada Mbak Tika.

Frenavit menambahkan fenomena blogger amplop yang selama ini marak. Jadi blogger amplop sah saja, asalkan postingannya kredibel. Jangan nulis ngeplek press release, tetapi ubah sudut pandang berbeda agar postingan tersebut tidak tampak seperti job review.

Kang Yayat Sudrajat jadi pembicara terakhir yang menyampaikan etiket blogger.Banyaknya akun media sosial menuntut orang untuk selalu update status. Kebiasaan update ini secara tidak sadar mengubah manfaat media sosial itu sendiri akhirnya dengan mudah marah ke orang, atau menulis status nyindir.

Suasana Live Blogging

Sesi sharing selesai pukul 11.30. sisa waktu 1,5 jam di manfaatkan blogger untuk menyelesaikan postingannya. Lucu melihat gaya teman-teman ngeblog. Ada yang asik bergerombol di pendopo, ada yang duduk dibawah pohon, dan ada juga ngerjakan di dalam tenda. Mereka sengaja berpencar untuk mencari signal terbaik. Untungnya panitia baik, mereka membantu sinyal theatering dari smartphone. Konon sinyal di Taman Dayu yang kuat pakai Indosat. Indosat keren, nih.. Love Indosat..

BloggerCampID SRBY

Setelah berjibaku dengan sinyal, kegiatan Blogger Camp di tutup dengan acara Fun Games. Selama 2,5 jam blogger diajak seru-seruan dan berjoget sambil ketawa-tawa. Di akhir acara panitia bagi-pagi buah Sunpride berupa pisang dan apel. Makasih Sunpride.. buahnya segar dan bikin badan saya sehat.

BloggerCampID SRBY

Akhirnya Blogger Camp Surabaya telah selesai. Para Blogger pulang membawa pengalaman mengesankan. Selamat Hari Blogger Nasional! *belum telat, kan?*


TAGS Blogger Camp Blogger Camp Surabaya


-

Author

Follow Me