Ayo Rek, mBadhog Nang Heerlijk

7 Oct 2015

Surabaya beberapa bulan terakhir cukup membara, sehingga membuat haus tingakat dewa. Minggu siang ada undangan kopi darat dengan para pencinta kuliner. Sasaran ‘pengerebeg-kan’ di sebuah café yang berada di gedung museum Bank Indonesia di jalan Taman Mayangkara Surabaya. Setelah melalui kepadatan lalu lintas Wonokromo yang cukup membuat awang-awangen apalagi di tengah hari bolong, sampailah saya di taman pertigaan jalan Diponegoro dan jalan Darmo Surabaya, lokasi café Heerlijk Gelato.

Mbak Didi Cahya, Marketing Manager Heerlijk Indonesia, menyambut saya beserta teman - teman blogger. Kenapa di namakan Heerlijk ? Heerlijk dalam bahasa belanda berarti lezat atau sangat enak. Begitu juga dengan penamaan yang ke – Belanda – Belanda - an, semua Café Heerlijk berada di tempat Cagar Budaya sebagai bangunan peninggalan kolonial. Konsep ini diusung atas inisiatif owner Heerlijk, Mas Aditya Hayu Wicaksono yang seorang pecinta sejarah.

Keberadaan Heerlijk Gelato di gedung Perpustakaan Bank Indonesia atas peranan Bu Walikota yang menginginkan tempat cagar budaya dijadikan sebagai tempat kumpul Arek Suroboyo. Harapannya gedung cagar budaya tidak dibiarkan sepi, tetapi ada aktifitas yang bermanfaat. Oleh karena itu bekas museum Mpu Tantular ini di gunakan oleh Bank Indonesia sebagai Perpustakaan. Untuk melengkapi kebiasaan membaca, di berikanlah space khusus untu café. Meskipun café, namun ada syarat yang harus dilakukan pihak Heerlijk, yaitu tidak boleh memasang atau menempelkan banner sembarangan. Gambar juga tidak boleh di paku. Semua ini demi kebaikan gedung Cagar Budaya.

Ada yang unik di café ini, yaitu penamaan nama menu. Konon nama menu bahasa Suroboyoan yang digunakan merupakan strategi pasar yang diberikan Heerlijk Gelato. Agar terdengar Suroboyoan, dipakailah bahasa prokem Suroboyo. Seperti Soda Kaget, Mie Ngamen, Bawang Akik, Sego Pitik Janda Merana, Sego Endhog Makbyar, Gelato Pecah Ndas, Emakmu Kiper dan sebagainya.

Saat ‘grebek’ kemarin kami mendapat sajian istimewa dari sekian banyak pilihan. 10 menu di tampilkan untuk kami review rasa yang sesuai dengan keunikan namanya. Diantaranya:

Es joli-joli, minuman gelas berisi puding joli, nata de coco, potongan melon lalu dicampur sirup cocopandan. Makin segar ditambahkan susu kental dan es batu.

Mie Londo Bolones, spagheti yang dimasak saus bologniase.

Segor Besties, nasi goreng putih dengan bebek istimewa

Sesuai namanya, Heerlijk Gelato, yang memang menu utamanya Gelato, disajikan Gelato Pecah Ndas, sajian gelato dua scope di piring dengan tambahan astor, whipcream, dan buah ceri.

Ada juga Burger Adem, roti burger yang ditengah-tengahnya diberi 2 scope gelato.

Untuk rasa Gelato ala Heerlijk Gelato tidak terlalu manis karena pembuatan gelatonya menggunakan susu low fat.

Menurut pengakuan Mbak Didi, gelato Heerlijk pernah dikomentari negatif, dibilang gelatonya tidak terasa manis. Padahal memang dibuat seperti itu. Gelato yang asli rasanya tidak terlalu manis. Apalagi gelato Heerlijk ingredients nya tidak pakai telur sehingga rasanya tidak terlalu nyusu.

Heerlijk Gelato buka dari jam 9 pagi sampai jam 11 malam. Untuk Arek Suroboyo yang bingung cari tempat buat cangkruk’an, Café Heerlijk Gelato masih luas. Sambil ngobrol, kalian bisa menikmati suasana senja. Konon kalau sore matahari senja nya cantik, lho, secantik Gelato Wedok Jepang. ^^


TAGS kuliner surabaya


-

Author

Follow Me