Aksi Earth Hour Sheraton Surabaya

20 Mar 2015

Usia planet bumi kian hari semakin bertambah. Seiring bertambahnya usia bumi, perilaku manusia juga seolah semakin tak bersahabat. Banyak manusia lupa bahwa bumi, tempat berpijak, dan pemilik segala sumber energi sudah seharusnya diberikan perhatian lebih. Akibat kelalaian manusia kondisi bumi menjadi tidak sehat. Perubahan iklim yang tak jelas, pemanasan global, terjadi bencana alam dimana-mana, dan lain sebagainya.

Di bulan Maret ini masyarakat seolah diingatkan kembali. Bulan Maret dijadikan sebagai alarm kampanye menjaga kelestarian bumi dalam bentuk Earth Hour.

Pelaksanaan Earth Hour tahun ini akan diselenggarakan pada tanggal 28 Maret 2015, yang ditandai dengan aksi pemadaman listrik selama 60 menit. Salah satu perusahaan yang terus konsisten menjaga kelestarian lingkungan adalah Sheraton Surabaya Hotel & Towers.

Sebagai bentuk aksi nyata menjaga kelestarian lingkungan, Sheraton Surabaya Hotel and Tower, selalu konsisten mendukung gerakan jam bumi sejak tahun 2009. Dalam prakteknya, Sheraton Surabaya telah menjadikan usahanya dengan menganut prinsip Eco Hotel.

Tahun 2015 ini, Sheraton Surabaya kembali akan menggelar kegiatan Earth Hour. Untuk mendukung kesuksesan kegiatan Earth Hour, Sheraton Surabaya mengajak para blogger dan komunitas Earth Hour bersama-sama melakukan kampanye Earth Hour yang diadakan pada tanggal 14 Maret 2015 lalu. Dalam kampanye itu, Sheraton Surabaya mengajak seluruh peserta agar senantiasa mencintai bumi dan mencintai lingkungan. Untuk mendukung aksi tersebut, Sheraton Surabaya juga menunjukkan praktik-praktik penghematan energi secara berkelanjutan kepada para peserta.

Kebijakan Lingkungan Berkelanjutan

Sebagai hotel yang bertanggung jawab terhadap kelestarian lingkungan, Sheraton Surabaya berupaya mengurangi dampak-dampak lingkungan. Upaya ini merupakan langkah untuk penghematan energi dengan tujuan:

- Melestarikan sumber daya alam

- Meminimalkan limbah dan polusi

- Meningkatkan kualitas lingkungan ruangan

- Menetapkan dan melaporkan indikator - indikator utama kinerja lingkungan

- Meningkatkan kesadaran lingkungan hidup bagi karyawan, tamu dan komunitas

Menyongsong “30/20 by 20″

“30/20 by 20″ merupakan inovasi jangka panjang yang dilakukan Hotel Sheraton Surabaya dalam melestarikan lingkungan. Yang dimaksud “30/20 by 20″ adalah 30% pengurangan energi dan 20% pengurangan air per jumlah kamar pada tahun 2020. Untuk jangka pendeknya target yang dikejar Sheraton Surabaya tahun 2015 adalah 3% pengurangan energi per jumlah kamar dan 3% pengurangan air per jumlah kamar.

Praktek “30/20 by 20″ diaplikasikan Sheraton Surabaya dengan mengadakan program Make a Green Choice. Program ini merupakan program penghematan energi yang ditawarkan kepada tamu yang menginap. Tamu yang memilih program ini tidak akan mendapat layanan-layanan housekeeping sebagai berikut:

Mengosongkan tempat sampah

Mengganti air minum

Mengganti Refreshment Kamar (kopi/teh)

Mengganti Tisu toilet, wajah, dan perlengkapan kamar mandi

Merapikan tempat tidur

Dengan mengikuti program Make a Green Choice, tamu akan mendapat reward berupa SPG Starpoints. Reward SPG Starpoints ini nantinya dapat ditukarkan dengan gratis menginap diseluruh jaringan Starwood Hotel&Resort di seluruh dunia.

Untuk penerapan program ini, Sheraton Surabaya berhasil memperoleh penghargaan dari Kementrian Lingkungan Hidup berupa Proper Biru dan Penghargaan Bangunan HIjau dari Pemkot Surabaya.


TAGS


-

Author

Follow Me